+6221 7076 2687 ppmagabudhi@yahoo.com

“Janganlah berbicara kasar kepada siapa pun, karena mereka yang mendapat perlakuan demikian akan membalas dengan cara yang sama. Sungguh menyakitkan ucapan kasar itu, yang pada gilirannya akan melukaimu” Dhammapada X Danda-Vagga 133

Ucapan (komunikasi) adalah sesuatu yang harus dilakukan setiap hari untuk menyampaikan pesan. Pada jaman modern ini ucapan secara otomatis dapat dibagi menjadi 2 jenis:

1. Ucapan (komunikasi) melalui percakapan lisan

2. Ucapan(komunikasi) berupa pesan melalui media, contoh: SMS; BBM; YM dan lain sebagainya.

Karena perkembangan teknologi, jaman sekarang komunikasi banyak dilakukan melalui perangkat canggih, tetapi tetap saja merupakan salah satu cara komunikasi yang fungsinya adalah untuk menyampaikan pesan.

Sang Buddha telah mengajarkan Dhamma kepada kita, salah satu ruas atau aspek dari Majjhima Pattipada (jalan suci beruas delapan) adalah Sammavaca, yaitu Ucapan Benar = Perkataan Benar. Terkadang tanpa kita sadari, ucapan/kata-kata yang tidak berguna ataupun melukai orang lain pernah meluncur dari mulut kita.

Ucapan dari seseorang bisa mencerminkan karakter orang tersebut. Banyak sekali manusia memakai kata “karakter” untuk menutupi kekurangannya dalam hal ini, bila ditegur mereka akan menjawab: “itu karakter saya, tidak gampang untuk diubah, harap maklumlah, katanya”.

Tetapi apabila seseorang mengerti Dhamma, maka dia bisa berpikir dan merenungkannya bahwa ucapannya akan mencerminkan karakternya, dan kemudian dia pasti akan bisa mengendalikan ucapannya dan selalu memperhatikan apa yang akan diucapkannya.

Sungguh baik mengendalikan perbuatan, sungguh baik mengendalikan ucapan, sungguh baik mengendalikan pikiran, sungguh baik mengendalikan indria. Bagi kita yang bisa mengendalikannya akan bebas dari penderitaan.

Hendaklah memberikan ucapan yang sopan kepada mereka yang perlu dihormati atau lebih tua, hendaklah memberikan ucapan yang berguna bagi mereka yang lebih muda, hendaklah memberikan ucapan yang memberikan semangat kepada mereka yang anggap kita lebih tua.

Sabbe Satta Bhavantu Sukhitata. Dirangkum oleh PMd. Tonny Chew, Tanjungpinang 17 April 2013.