Jakarta, November 2013

Perayaan Kathina berawal dari tradisi dimana umat Buddha pada jaman kehidupan Buddha Gotama memberikan persembahan kepada para Bhikkhu setelah mereka selesai melakukan pendalaman terhadap meditasi dan Dhamma di sebuah tempat selama tiga bulan penuh, yaitu sebuah masa yang disebut vassa. Pemberian persembahan tersebut adalah sebagai wujud bhakti dan ungkapan terimakasih kepada Sangha yang telah memberikan bimbingan dalam Dhamma.

Berbagai vihara/cetiya diberbagai daerah di Indonesia tidak ketingalan untuk melaksanakan atau menyelenggarakan perayaan Kathina Dana 2557/2013 sebagai wujud bhakti serta ungkapan katannukatavedi. Salah satu diantara vihara-vihara tersebut yang merayakan adalah Vihara Theravada Buddha Sasana (VTBS) yang terletak di Komplek Kelapa Gading Permai tepatnya Jl. Kelapa Nias X Blok PE 2 No. 17 pada hari Jumat, 15 November 2013.

Hal yang lebih menggembirakan lagi hadirnya Bhikhhu-Bhikkhu senior dari Sangha Theravada Indonesia (STI) telah memberikan semangat dan motivasi yang dalam bagi umat yang hadir pada saat itu, sebut saja Bhikkhu Sri Pannavaro Mahathera, Bhikkhu Sukhemo Mahathera, Bhikkhu Dhammavicayo Mahathera, Bhikkhu Dhammiko dan lain sebagainya.

Puja bhakti pada kesempatan tersebut diikuti pula oleh beberapa anggota Pengurus Pusat MAGABUDHI (PP MAGABUDHI) dan beberapa Pengurus Daerah DKI Jakarta, seperti nampak dalam kesempatan itu Mahapandita Sasanadhaja R. Surya Widya, Pdt. Suwarto Atjing, Pdt. Sugiyanto, PMd. Hioe Boen Kiat, Upc. Hendry Ganda dan dari PD DKI nampak hadir yaitu PMy. Gunawan Sutardi.

Pujabhakti perayaan kathina yang dipimpin oleh Pdt. Suwarto Atjing tersebut diikuti oleh ribuan umat Buddha yang memadati gedung Dhammasala dan bahkan sampai ke pelataran vihara. Hal ini membuktikan betapa antusiasnya umat Buddha khususnya di wilayah Kelapa Gading dan sekitarnya dalam mengikuti kegiatan tesebut untuk mengungkapkan rasa bhaktinya. Akhirnya selamat dan sukses perayaan kathina di Vihara Theravada Buddha Sasana.

Suksesnya Perayaan Kathina di Vihara Theravada Buddha SasanaPP MAGABUDHIBeritaSuksesnya Perayaan Kathina di Vihara Theravada Buddha SasanaJakarta, November 2013 Perayaan Kathina berawal dari tradisi dimana umat Buddha pada jaman kehidupan Buddha Gotama memberikan persembahan kepada para Bhikkhu setelah mereka selesai melakukan pendalaman terhadap meditasi dan Dhamma di sebuah tempat selama tiga bulan penuh, yaitu sebuah masa yang disebut vassa. Pemberian persembahan tersebut adalah sebagai wujud bhakti...Tulus Mengabdi Tiada Henti